Rangkuman Materi PMM | Merancang Asesmen pembelajaran SMA/SMK

Merancang Asesmen pembelajaran SMA/SMK

Melalui rancangan dan penerapan asesmen yang tepat, kita bisa mendapatkan informasi yang holistik akan ketercapaian kompetensi murid. Informasi ini bisa digunakan oleh guru untuk perencanaan pembelajaran selanjutnya. Video ini akan membahas strategi perancangan asesmen pembelajaran dengan contoh mata pelajaran Seni Rupa.

Berikut poin poin utama dalam pembahsan Video di atas..:

  • Pembahasan dimulai dengan mengingatkan pada pentingnya merumuskan ATP (Asesmen Pembelajaran) pada tingkat SMA, dengan fokus pada asesmen sumatif pada mata pelajaran seni.
  • Asesmen dapat bersifat formatif atau sumatif, dan tujuannya adalah mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.
  • Diberikan contoh asesmen sumatif pada mata pelajaran seni, di mana siswa diharapkan mampu mempresentasikan isu dan kondisi permasalahan lingkungan melalui produk akhir desain.
  • Langkah-langkah perancangan asesmen mencakup menentukan indikator pencapaian kompetensi, memilih alat ukur yang relevan (dalam hal ini rubrik), dan menetapkan tingkat capaian untuk setiap indikator.
  • Disimulasikan dengan merancang rubrik penilaian untuk tugas berkelompok, di mana siswa diminta untuk menentukan solusi seni rupa untuk kebutuhan tertentu.
  • Tingkat capaian ditentukan dengan label seperti “Mahir,” “Cakap,” “Layar,” dan “Berkembang” untuk setiap indikator.
  • Pembuat video menekankan bahwa merancang asesmen yang tepat membantu dalam mengevaluasi pembelajaran, memahami kebutuhan siswa, dan menyesuaikan pembelajaran berikutnya.
  • Asesmen yang baik tidak hanya mengukur, tetapi juga membantu dalam penyesuaian pembelajaran sesuai kebutuhan siswa.
  • Video diakhiri dengan merangkum langkah-langkah perancangan asesmen dan mengajak para guru untuk mencoba dan terus belajar.
  • Penekanan pada asesmen sebagai alat evaluasi yang membantu perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran siswa.

Pada jenjang SMK, terdapat asesmen khas yang membedakan dengan jenjang yang lain. Anda dapat mempelajarinya dalam Panduan Pembelajaran dan Asesmen hlm. 31-32.

Ayo Bergerak, Tergerak dan Menggerakkan
Ayo Belajar, Berbagi, Memotivasi, dan Menginspirasi.

Salam dan Bahagia.

Imam Irfai, ST, M.Pd, Gr

You may also like...

Leave a Reply