Rangkuman Materi PMM | Memahami Capaian Pembelajaran

Memahami Capaian Pembelajaran

Dalam video “Memahami Capaian Pembelajaran,” pembahasannya berfokus pada tahap pertama dari proses merencanakan pembelajaran, yaitu memahami capaian pembelajaran (CP). CP merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik dalam satu fase, dan fase ini berlangsung selama satu hingga tiga tahun. Fase tidak sama dengan kelas, melainkan mengacu pada kompetensi, sementara kelas menunjukkan kelompok berdasarkan usia.

Dalam merencanakan pembelajaran, kolaborasi dan komunikasi antar pendidik yang mengajar pada fase yang sama menjadi penting. Contohnya, guru kelas 7 hingga 9 perlu bekerja sama untuk menentukan rencana batasan kompetensi di setiap jenjang. Langkah-langkah untuk memahami CP melibatkan empat tahap:

  1. Memahami rasional: Menjelaskan alasan pentingnya mempelajari mata pelajaran dan kaitannya dengan profil pelajar Pancasila.
  2. Memahami tujuan mata pelajaran: Menjelaskan kemampuan atau kompetensi yang dituju setelah peserta didik mempelajari mata pelajaran secara keseluruhan.
  3. Mempelajari karakteristik: Menjelaskan apa yang dipelajari dalam mata pelajaran dan elemen-elemen yang membentuk mata pelajaran.
  4. Mempelajari capaian profase: Berisi kompetensi yang harus dicapai dalam satu fase.

Pendidik diharapkan dapat membentuk komunitas belajar di satuan pendidikan, berkolaborasi, dan memahami CP sebagai langkah awal yang penting untuk merencanakan pembelajaran selanjutnya, termasuk menetapkan tujuan pembelajaran dan menyusun alur tujuan pembelajaran.

Pada video ini kita mempelajari tahap yang pertama yaitu memahami Capaian Pembelajaran.

Berikut adalah poin poin utama dalam pembahsan video di atas.. :

  • Pentingnya Capaian Pembelajaran (CP): CP adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik dalam satu fase. Fase berlangsung selama satu hingga tiga tahun dan tidak sama dengan kelas, melainkan mengacu pada kompetensi.
  • Kolaborasi dan Komunikasi Pendidik: Guru perlu berkolaborasi dan berkomunikasi dengan rekan pendidik yang mengajar pada fase yang sama. Contoh: Guru kelas 7 hingga 9 bekerja sama untuk menentukan rencana batasan kompetensi di setiap jenjang.
  • Langkah-langkah Memahami CP:
  • Memahami Rasional: Jelaskan alasan pentingnya mempelajari mata pelajaran dan kaitannya dengan profil pelajar Pancasila.
  • Memahami Tujuan Mata Pelajaran: Jelaskan kemampuan atau kompetensi yang dituju setelah peserta didik mempelajari mata pelajaran secara keseluruhan.
  • Mempelajari Karakteristik: Jelaskan apa yang dipelajari dalam mata pelajaran dan elemen-elemen yang membentuk mata pelajaran.
  • Mempelajari Capaian Profase: Berisi kompetensi yang harus dicapai dalam satu fase.
  • Komunitas Belajar dan Kolaborasi: Pendidik diharapkan membentuk komunitas belajar di satuan pendidikan. Belajar dari contoh-contoh mata pelajaran lain dengan prinsip yang sama.
  • Pentingnya Memahami CP: Memahami CP merupakan langkah pertama yang penting untuk merencanakan pembelajaran. Persiapan untuk langkah selanjutnya, termasuk menetapkan tujuan pembelajaran dan menyusun alur tujuan pembelajaran.

Referensi:
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. 2022. Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Ayo Bergerak, Tergerak dan Menggerakkan
Ayo Belajar, Berbagi, Memotivasi, dan Menginspirasi.

Salam dan Bahagia.

Imam Irfai, ST, M.Pd, Gr

You may also like...

Leave a Reply