Rangkuman Materi PMM | Kurikulum – Capaian Pembelajaran dalam Kurikulum
Capaian Pembelajaran dalam Kurikulum
Salah satu semangat dalam Kurikulum Merdeka adalah konsep teaching at the right level atau mengajar pada tahapan pembelajaran yang sesuai. Konsep ini mengusung pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat capaian atau kemampuan awalnya.
Lalu bagaimana kaitan konsep ini dengan Capaian Pembelajaran? Video ini akan membahas jawaban pertanyaan tersebut dengan menjelaskan secara umum posisi Capaian Pembelajaran dalam kurikulum.
Video ini membahas tentang letak capaian pembelajaran dalam kurikulum prototipe. Capaian pembelajaran (CP) menjadi acuan untuk pembelajaran intrakurikuler, di mana kompetensi-kompetensi pada CP turun menjadi tujuan pembelajaran (ATP). Alur tujuan pembelajaran (ATP) digunakan untuk menyusun rencana dan strategi pembelajaran, termasuk pemilihan modul ajar.
Kompetensi pada capaian pembelajaran mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang merupakan kesatuan yang tidak sepatutnya dipisahkan. Proses belajar melibatkan pemahaman konsep ilmu pengetahuan, sikap dalam belajar, motivasi, dan rasa ingin tahu. Capaian pembelajaran dirumuskan dengan memperhatikan tahapan perkembangan murid sesuai usianya.
Asesmen untuk mengukur penguasaan kompetensi melibatkan ketiga ranah tersebut (sikap, pengetahuan, dan keterampilan). Capaian pembelajaran disusun dengan memperhatikan tahapan perkembangan murid sesuai usianya. Guru dapat melakukan asesmen diagnostik untuk memeta profil murid dan menyusun pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi awal mereka.
Penerapan prinsip teaching At The Raid level memungkinkan murid mendapatkan pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat capaian atau kemampuan awal mereka. Pembelajaran berdiferensiasi memungkinkan guru untuk membedakan aktivitas dan konten pembelajaran untuk setiap murid. Intervensi dilakukan jika ditemukan kondisi murid dengan kemampuan dasar yang belum sesuai dengan jenjang kelasnya.
Capaian pembelajaran dijelaskan sebagai kompetensi dan karakter yang ingin dicapai. Guru diharapkan dapat menyusun tujuan pembelajaran dan proses pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada murid untuk belajar sesuai dengan kompetensi awal mereka. Implementasi konsep teaching At The Raid level dibahas lebih lanjut dalam topik penyesuaian pembelajaran dengan kebutuhan dan karakteristik murid.
Adapun point point utama dalam pembahasan video di atas adalah sebagai berikut :
- Video di atas membahas letak capaian pembelajaran dalam kurikulum prototipe.
- Capaian Pembelajaran (CP) menjadi acuan untuk pembelajaran intrakurikuler, turun menjadi Tujuan Pembelajaran (ATP).
- Kompetensi pada CP mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai kesatuan.
- Proses belajar melibatkan pemahaman konsep ilmu pengetahuan, sikap dalam belajar, motivasi, dan rasa ingin tahu.
- Asesmen melibatkan ketiga ranah: sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
- Capaian pembelajaran disusun dengan memperhatikan tahapan perkembangan murid sesuai usianya.
- Teaching At The Raid Level memungkinkan pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat capaian atau kemampuan awal murid.
- Guru dapat membedakan aktivitas dan konten pembelajaran untuk setiap murid.
- Intervensi dilakukan jika ditemukan ketidaksesuaian kemampuan dasar dengan jenjang kelas.
- Capaian pembelajaran dijelaskan sebagai kompetensi dan karakter yang ingin dicapai.
- Guru diharapkan menyusun tujuan pembelajaran dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi awal murid.
- Implementasi konsep Teaching At The Raid Level dibahas lebih lanjut dalam topik penyesuaian pembelajaran dengan kebutuhan dan karakteristik murid.
Kurikulum Prototipe adalah Kurikulum Merdeka
Referensi:
- Pusat Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan. 2020. Naskah Akademik Program Sekolah Penggerak. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan teknologi
- SK Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No. 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka.
- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 2021. Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 162/M/2021 tentang Sekolah Penggerak. Jakarta.
Ayo Bergerak, Tergerak dan Menggerakkan
Ayo Belajar, Berbagi, Memotivasi, dan Menginspirasi.
Salam dan Bahagia.
Imam Irfai, ST, M.Pd, Gr