Rangkuman Materi PMM | Merumuskan Tujuan Pembelajaran
Merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP)
Tahap kedua dalam perencanaan pembelajaran, yaitu merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan ini harus lebih operasional dan konkret, memperhatikan karakteristik mata pelajaran, konsep/topik, peserta didik, dan konteks pembelajaran. Tujuan pembelajaran sebaiknya mencakup kompetensi (kemampuan atau keterampilan) dan ruang lingkup materi. Proses merumuskan tujuan dapat menggunakan pertanyaan panduan terkait kemampuan apa yang perlu ditunjukkan peserta didik dan konten apa yang perlu dipahami.
Dalam merumuskan tujuan, penting untuk membedakan tujuan pembelajaran yang lebih umum dari tujuan harian atau instruksional. Pendekatan-pendekatan teori, seperti Taksonomi Bloom atau teori-teori lain, dapat digunakan dalam merumuskan tujuan. Ada tiga alternatif cara merumuskan tujuan pembelajaran: 1) secara langsung berdasarkan capaian pembelajaran, 2) dengan menganalisis kompetensi dan lingkup materi, dan 3) lintas elemen capaian pembelajaran. Video berjanji untuk membahas lebih detail dengan contoh-contoh dalam video berikutnya, dan menyarankan guru untuk memilih alternatif yang sesuai dengan kebutuhan mata pelajaran atau mengembangkan cara sendiri dengan prinsip yang sama. Video juga menyebutkan bahwa pemerintah pusat menyediakan tujuan pembelajaran yang dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan dan proses belajar masing-masing.
Berikut adalah poin poin utama dari pembahasan Video di atas..
- Langkah Kedua Pembelajaran: Merumuskan Tujuan Pembelajaran
- Fokus pada penurunan Capaian Pembelajaran (CP) menjadi Tujuan Pembelajaran (TP) di akhir fase pembelajaran.
- Perencana perlu merancang tujuan-tujuan pembelajaran yang lebih operasional dan konkret.
- Pertimbangan dalam Merumuskan Tujuan Pembelajaran
- Perhatikan karakteristik mata pelajaran, konsep/topik, peserta didik, dan konteks pembelajaran.
- Tujuan pembelajaran harus mencakup kompetensi (kemampuan/keterampilan) dan ruang lingkup materi.
- Komponen Tujuan Pembelajaran
- Kompetensi: Kemampuan atau keterampilan yang ditunjukkan oleh peserta didik.
- Ruang Lingkup Materi: Konten dan konsep utama yang harus dipahami di akhir unit pembelajaran.
- Pertanyaan Panduan dalam Merumuskan Tujuan Pembelajaran
- Menggunakan pertanyaan seperti kemampuan apa yang perlu ditunjukkan dan konten apa yang perlu dipahami oleh peserta didik.
- Dua Aspek Penting dalam Tujuan Pembelajaran
- Kompetensi dan ruang lingkup materi harus tercakup dalam tujuan pembelajaran.
- Lingkup materi dapat diidentifikasi dari CP sebelum dan sesudah fase yang diajarkan.
- Tujuan Pembelajaran yang Lebih Umum
- Tujuan pembelajaran harus bersifat umum, bukan harian atau instruksional khusus.
- Pendekatan-pendekatan Teori dalam Merumuskan Tujuan Pembelajaran
- Contoh pendekatan termasuk Taksonomi Bloom, bentuk pemahaman, atau tiga sistem dalam domain pengetahuan.
- Tiga Alternatif Cara Merumuskan Tujuan Pembelajaran
- Alternatif 1: Langsung berdasarkan Capaian Pembelajaran.
- Alternatif 2: Dengan menganalisis kompetensi dan lingkup materi pada CP.
- Alternatif 3: Merumuskan tujuan lintas elemen CP.
- Fleksibilitas dalam Memilih Cara Merumuskan Tujuan Pembelajaran
- Guru dapat memilih alternatif sesuai kebutuhan mata pelajaran atau mengembangkan pendekatan sendiri.
- Pemerintah Pusat Menyediakan Tujuan Pembelajaran yang Modifiable
- Contoh tujuan pembelajaran dari pemerintah pusat dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan dan proses belajar masing-masing guru.
Ayo Bergerak, Tergerak dan Menggerakkan
Ayo Belajar, Berbagi, Memotivasi, dan Menginspirasi.
Salam dan Bahagia