Rangkuman Materi PMM | Lingkungan Belajar yang Nyaman
Dalam video ini, kita akan membahas secara mendalam mengenai pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan aman untuk mendukung pencapaian optimal para murid. Peran krusial dalam membentuk lingkungan tersebut terletak pada satuan pendidikan dan peran aktif para guru.
Akan diuraikan berbagai variabel yang memiliki dampak yang signifikan terhadap proses pembentukan lingkungan belajar. Dengan menggali lebih dalam, video ini akan menjelaskan bagaimana faktor-faktor tersebut tidak hanya memengaruhi kesejahteraan dan perkembangan murid, tetapi juga memberikan dampak yang positif terhadap para pendidik dan seluruh komunitas sekolah.
Dalam pembahasan ini, kita akan menjelajahi elemen-elemen kunci yang perlu diperhatikan dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Hal ini mencakup aspek keamanan, kenyamanan fisik dan psikologis, serta dukungan sosial yang diberikan oleh guru dan teman sekelas.
Melalui pemahaman mendalam terhadap variabel-variabel tersebut, diharapkan video ini dapat memberikan wawasan yang lebih baik tentang bagaimana menciptakan sebuah lingkungan belajar yang tidak hanya memfasilitasi pencapaian kompetensi akademis, tetapi juga menciptakan suasana di mana guru dan warga sekolah dapat tumbuh dan berkembang secara positif.
Berikut poin poin utama dari pembahasan video di atas :
- Pembahasan karakteristik satuan pendidikan, terutama visi dan misi sekolah.
- Fokus pada menciptakan lingkungan belajar sekolah yang nyaman untuk mendukung pembelajaran berkualitas.
- Variabel pendukung lingkungan belajar yang nyaman, termasuk keterlibatan semua pihak, budaya sekolah, dan nilai-nilai bersama.
- Diskusi kasus absensi murid dengan saran untuk menciptakan lingkungan belajar positif.
- Pentingnya keterlibatan semua pihak (guru, murid, dan orang tua) dalam menciptakan lingkungan belajar yang nyaman.
- Peran budaya sekolah dalam membentuk lingkungan belajar yang nyaman.
- Kesadaran akan perbedaan generasi antara guru dan murid serta pentingnya pemahaman terhadap zaman murid.
- Peran guru sebagai perancang lingkungan belajar yang menyenangkan, memahami murid, dan menciptakan suasana belajar yang aman.
- Pengaruh profil pelajar Pancasila dalam mencerminkan dimensi-dimensi tertentu.
- Dorongan untuk merefleksikan variabel yang mempengaruhi murid agar belajar dengan nyaman dan aman.
- Variabel lain yang mungkin mempengaruhi lingkungan belajar.
- Saran dan dorongan kepada guru untuk terus belajar bersama-sama dengan murid.
- Pengingat akan pentingnya menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman untuk kegiatan belajar yang efektif.
Referensi:
Gossen, Dianne. 1996. Restitution: Restructuring School DIscipline. New View Publisher.
Ayo Bergerak, Tergerak dan Menggerakkan
Ayo Belajar, Berbagi, Memotivasi, dan Menginspirasi.
Salam dan Bahagia.
Imam Irfai, ST, M.Pd, Gr
