Rangkuman Materi PMM | Ingin Menjadi Guru Seperti Apa Saya
Ingin Menjadi Guru Seperti Apa Saya
Murid sering kali menarik inspirasi dari contoh yang diberikan oleh ibu dan bapak guru mereka. Sebagai pendidik, tujuan utama kita adalah memberikan pengaruh positif yang dapat membentuk masa depan yang cerah bagi para murid. Melalui video ini, kita diundang untuk melakukan proyeksi terhadap citra diri kita sebagai guru di masa depan.
Dalam konteks ini, penting bagi kita sebagai pendidik untuk merenung tentang jenis pengaruh apa yang ingin kita tanamkan pada murid-murid kita. Apakah kita ingin menjadi sosok guru yang menginspirasi, memberikan motivasi, dan mendorong perkembangan positif mereka? Video ini mendorong kita untuk mengeksplorasi aspirasi dan nilai-nilai yang ingin kita wariskan kepada generasi yang akan datang.
Proyeksi menjadi guru di masa depan juga mencakup pertimbangan tentang berbagai peran yang ingin kita penuhi dalam kehidupan pendidikan murid. Apakah kita ingin menjadi sumber daya positif yang dapat diandalkan, pendukung dalam menghadapi tantangan, atau pemimpin yang memberikan arahan yang jelas?
Selain itu, video ini mengajak kita untuk mengevaluasi apakah kita sudah menjadi guru yang mencerminkan nilai-nilai positif dan adaptif terhadap perubahan zaman. Seiring dengan dinamika zaman, penting bagi kita untuk terus beradaptasi dan memperbarui metode pengajaran agar sesuai dengan kebutuhan belajar murid di era kontemporer.
Pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang positif dan memotivasi juga menjadi sorotan dalam proyeksi menjadi guru di masa depan. Dengan menciptakan suasana belajar yang aman, bahagia, dan membangun, kita dapat membantu murid meraih potensi terbaik mereka.
Dengan merenung tentang proyeksi menjadi guru di masa depan, kita dapat lebih sadar akan peran dan dampak yang kita miliki dalam membentuk generasi mendatang. Hal ini tidak hanya menjadi tanggung jawab kita sebagai pendidik, tetapi juga sebagai kesempatan untuk menciptakan perubahan positif dalam kehidupan murid dan masyarakat secara lebih luas.
Berikut adalah point poin utama dalam video di atas…
- Pengenangan Masa Sekolah: Dalam video, kita diajak untuk mengingat kembali pengalaman masa sekolah dan merefleksikan sosok guru yang diidolakan.
- Pertanyaan Terbuka: Dalam video, kita diajak untuk merenung dan menjawab pertanyaan terkait pengalaman menyenangkan dan tidak menyenangkan dengan sosok guru di masa sekolah.
- Refleksi Pilihan Profesi Guru: Dalam video, ditekankan refleksi awal memilih profesi guru. Pertanyaan-pertanyaan diajukan untuk memotivasi kita memikirkan jenis guru seperti apa yang ingin kita menjadi.
- Tujuan Sebagai Guru: Pertanyaan diajukan terkait tujuan menjadi guru, seperti menularkan energi positif, membuat murid tertarik untuk belajar, membekali mereka dengan kemampuan mandiri, dan menciptakan suasana belajar yang selamat dan bahagia.
- Keseharian Mengajar: Dalam video, kita diajak untuk merenungkan apakah kita telah menjadi guru seperti yang kita kagumi, apakah kita sudah menciptakan suasana belajar yang sesuai dengan kebutuhan murid, dan apakah kita telah beradaptasi dengan perubahan zaman, terutama selama masa pandemi.
- Tantangan Profesi Guru: Pendidikan di zaman yang dinamis membutuhkan adaptabilitas. Pendidikan tidak hanya tentang materi, tetapi juga tentang membentuk karakter, sikap, dan cara mengajar guru yang dapat membekas pada murid.
- Pesan Akhir: Dalam video, kita diajak untuk menciptakan rasa takjub dan suka belajar pada murid-murid sebagai bagian dari tantangan yang layak diperjuangkan dalam profesi guru.
Referensi:
Ki Hadjar Dewantara – Ki Hadjar Dewantara (Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka). Cetakan ke 5: 2013.
Penerbit:
Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa bekerja sama dengan Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa 2013
Ayo Bergerak, Tergerak dan Menggerakkan
Ayo Belajar, Berbagi, Memotivasi, dan Menginspirasi.
Salam dan Bahagia.
Imam Irfai, ST, M.Pd, Gr